KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada tahapan penelitian,
maka diperoleh beberapa kesimpulan berkaitan dengan penerapan multimedia
interaktif dalam pembelajaran trigonometri untuk meningkatkan kemampuan
penalaran matematis siswa kelas XI di SMA Pasundan 3 Bandung, yaitu:
1. Kemampuan penalaran matematis siswa SMA yang menggunakan
multimedia interaktif lebih baik daripada siswa SMA yang
menggunakan model pembelajaran konvensional.
2. Terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang
menggunakan multimedia interaktif sebesar 0,45 yang termasuk
kriteria sedang. Sedangkan pengaruh penerapan multimedia interaktif
terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa sebesar
45,28%.
3. Tanggapan siswa terhadap penerapan multimedia interaktif dalam
pembelajaran matematika positif. Hal tersebut dari hasil observasi,
angket dan wawancara, diantaranya: belajar matematika dengan
multimedia interaktif menambah kemandirian siswa dalam belajar
matematika, siswa ingin materi lain disajikan dengan multimedia,
motivasi belajar matematika siswa menjadi tumbuh kembali setelah
mengikuti pembelajaran dengan multimedia interaktif. Dari hasil
87
angket diperoleh bahwa persentase siswa yang mendukung penerapan
multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika adalah sebesar
94,53%.
Dari ketiga hal di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan multimedia
interaktif dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan
penalaran matematis siswa SMA khususnya materi Trigonometri.
B. Saran
1. Bagi Guru
Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa penerapan multimedia interaktif
dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan penalaran matematis
siswa. Selain itu respons siswa terhadap multimedia interaktif cenderung
positif. Oleh karena itu, penulis menyarankan untuk guru agar mencoba
dan menggunakan pembelajaran ini sebagai alternatif pembelajaran
matematika di sekolah khususnya pada materi trigonometri.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Dalam penelitian ini kemampuan yang diukur hanyalah kemampuan
penalaran matematis dengan menggunakan multimedia interaktif. Maka
penulis menyarankan bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan
penelitian yang serupa untuk mengembangkan kemampuan yang berbeda
dengan materi dan jenjang yang berbeda pula. Selain itu, diharapkan
peneliti berikutnya dapat meningkatkan kemampuan membuat software
pembelajaran sehingga multimedia yang dihasilkan lebih baik lagi.
88
3. Bagi Penentu Kebijakan
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kemampuan penalaran
matematis meningkat setelah diberikannya pembelajaran dengan
menggunakan multimedia interaktif, maka penulis menyarankan kepaada
penentu kebijakan agar multimedia interaktif dapat dijadikan sebagai salah
satu alternatif pembelajaran dalam mengajarkan materi trigonometri yang
terdapat dalam kurikulum matematika SMA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 komentar:
Casino Restaurants Near Murphy, Murphy, CT - MapYRO
Find casino restaurants near 의정부 출장안마 Murphy on MapYRO. Murphy, 논산 출장마사지 Connecticut · Murphy's Town Center Hotel 구미 출장안마 & Casino 의왕 출장샵 · Murphy's 공주 출장마사지 Town Mall
Posting Komentar